Rabu, 19 Juni 2013

Memperbaiki kerusakan pada kulkas

Pada postingan ini saya mencoba untuk berbagi info tentang menganalisa dan memperbaiki kerusakan pada mesin pendingin yaitu kulkas (frezzer), karena sistim pendingin pada kulkas pada dasarnya hampir sama dengan Air Conditioner hanya berbeda pada rangkaian elektroniknya saja, posting ini diangkat dari komentar yang di sampaikan
Untuk mengetahui kerusakan yang terjadi terlebih dahulu harus mengetahui keadaan mesin pendingin tersebut, yakni bentuk cacat yang terjadi, menganalisa kerusakan tersebut mungkin karena pengaruh salah satu sebab atau yang lainnya, selanjutnya baru di lakuakn pemeriksaan. Pada umumnya gangguan/kerusakan pada kulkas terjadi di sebabkan oleh
  • Karena terlalu berlebihan dalam pengisian freon
  • karena kekurangan dalam pengisian freon
  • karena kebocoran pada pipa-pipanya
  • karena kebocoran pada kompresor
  • karena konsleting pada spoel motor
Gangguan atau kerusakan terbut di atas di tinjau secara umum saja berdasarkan survey di lapangan bola yang sering terjadi. Mesin kulkas tidak bekerja Kulkas ada yang mengalami kerusakan sehingga tidak bisa bekerja sama sekali meskipun socket kabel sudah di tancapkan pada stopkontak, motor kompresor tidak terdengar gerakannya, jika menjumpai kerusakan yang demikian [erlu di teliti dahulu apa penyebabnya. Umumnya jika kulkas tidak bekerja sama sekali walaupun sudah di colokan ke stopkontak PLN biasanya di sebabkan oleh bebarapa faktor: 

1. Kabel-kabel ada yang putus Periksa pada sambungan kabel mulai dari bagian stopkontak sampai ke mesin pendingin dan periksa juga pada socket yang menempel pada motor kompresor mungkin socketnya ada yang lepas, kendur atau terbakar. 
2. Overload rusak Jika di duga bagian ini yang rusak biasanya tegangan menjadi turun dan hilang sama sekali (tidak ada tegangan yang masuk) ukur dengan menggunakan volt meter apakah sesuai dengan tegangan yang di butuhkan mesin pendingin. 
3. Starting, kontak relay terbuka Jika relay kontak terus membuka aehingga arus tidak bisa berhubungan yang akibatanya motor listrik (kompresor) tidak mendapatkan tenaga dan tetap mati.

0 komentar:

Posting Komentar