Cara mengisi Freon pada Kulkas
mengisi freon pada kulkas berbeda dengan cara mengisi freon pada Air
conditioner/AC. Pengisian freon pada kulkas perlu ketelitian karena pada
kulkas terdapat pipa kapiler yang ukurannya lebih kecil di bandingkan
pipa kapiler pada AC. karena apabila salah dalam pengisian freon pada
kulkas dapat mengakibatkan kebuntuan dan alhasil kulkas akan kur...ang
dingin dan benda yang dimasukan ke evaporator tidak dapat membeku. Untuk
melakukan cara pengisian freon pada kulkas sesuai prosedur adalah
sebagai berikut dan alat-alat yang diperlukan adalah:
1. Freon kulkas R134a 2. Tang Ampere 3. Mesin vakum (apabila tidak
mempunyai mesin vakum, dapat memvakum melalui pipa strainer/saringan) 4.
Manifold gauge 5. Mesin Las Tabung Hi-Cook 6. Pentin (untuk mengisi
Freon)
Cara Pengisian Freon:
1. Las pentil pada pipa yang terdapat di kompresor, biasanya ditandai dengan pipa pendek yang tidak terhubung kesistem kulkas.
2. Setelah Pentil terpasang ,pasang selang manifold warna biru pada
pentil pengisian freon dan selang warna kuning pada tabung freon R134a.
3. dalam pengisian Freon kompresor harus dalam keadaan hidup dan
tekanan harus di bawah 0 s/d -30psi yang sebelumnya telah divakum
terlebih dahulu, kalau tidak kulkas tidak akan dingin.
4. Setelah selang semua terpasang selain selang warna merah, buka keran pada tabung freon hingga penuh.
5. kemudian pasang tang ampere pada salah satu kabel yang menuju
overload kompresor dan biasanya angka menunjukan dibawah arus yang
terdapat pada body kompresor, misanya pada 0,70A sebelum di isi freon
sekitar 0,4A.
6. buka keran manifold warna biru secara perlahan-lahan jangan sampai
melebihi 10psi. saat sambil mengisi freon sambil dirasa dengan telapak
tangan pada bagian body kulkas, apakah terasa hangat? kalau terasa
hangan berarti freon telah berjalan pada sistem kulkas tetapi bila
terlalu panas STOP pengisian dan periksa Arus yang terdapat pada tang
Ampere.
7. Setelah angka sudah menunjukan 10psi dan pada tang ampere sudah
menunjukan angka yang sesuai pada Spesifikasi pada body kulkas misal
0,7A berarti freon telah selesai di isi dan tutup keran pada manifold,
dan bila tekanan sudah maksimal yaitu 10psi tapi angka pada tang ampere
menunjukan lebih dari yang tercatat pada body kulkas berarti kompresor
kurang baik atau cek tegangan pada listrik apakah 220V, kalau kurang
biasanya ampere akan naik.
8. Setelah freon telah terisi ke dalam kompresor matikan kulkas guna
mengetahui lancar tidaknya sirkulasi freon berjalan, bila kulkas telah
dimatikan menunjukan angka 45s/d100psi berarti sirkulasi freon pada
kulkas normal dan berjalan lancar.
9. Setelah mengetahui sirkulasi freon berjalan lancar, hidupkan kembali
kulkas tetapi setelah 5s/d10menit saat kulkas di matikan. ini aturan
pabrik pembuatan kompresor.
10. Bila pada evaporator telah terasa dingin, jepit pipa pada pentil dan
potong kemudian dilas sampai Freon tidak keluar lagi atau bocor. di
sarankan menjepit pakai penjepit khusus pipa tembaga, jangan menggunakan
tang biasa kadang bisa terjadi kebocoran pada pipa yang di jepit
alhasil freon akan terbuang.
11. setelah pipa dilas dan manifold tidak terhubung lagi ke sistem
kulkas, guna mengetahui berkurang tidaknya Freon dapat di lihat dari
tang ampere. biasanya kalau freon berkurang angka pada tang ampere juga
ikut berkurang biasanya masih ada kebocoran.kalau freon berkurang harus
di isi lagi dari awal yaitu pemakuman. atau sebaiknya untuk pemula
pentil jangan dipotong dulu guna kalau terjadi kurangnya freon dapat
ditambah. ******dan akhirnya pengisian freon telah selesai*****
Sabtu, 07 Desember 2013
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar